Kamis, 17 Juli 2008

25% Laptop Pakai SSD dalam 3 Tahun

25% Laptop Pakai SSD dalam 3 Tahun

Image Hosted by ImageShack.usWalaupun saat ini solid state drive (SSD) bukan merupakan medium penyimpanan terpopuler di notebook saat ini, Toshiba mengatakan bahwa pemakaian SSD akan bertumbuh pesat dalam tiga tahun ke depan. Presiden Toshiba Semiconductor Shozo Saito mengatakan bahwa 25% notebook akan datang dengan SSD di tahun 2011. Toshiba memprediksi kalau pasar SSD akan bertumbuh dengan kecepatan rata - rata 133% setiap tahun hingga 2010.


Toshiba berencana untuk menanggulangi beberapa isu yang menghambat pemakaian SSD. Toshiba juga berusaha menyelesaikan kekhawatiran tentang batas penulisan ulang di multi level cell yang dipakai di SSD hari ini. Saito mengatakan bahwa "apabila data dapat dikonsentrasikan dan disimpan di cache secara efisien untuk mengurangi frekuensi rewrite, penulisan ulang di SSD dapat ditekan jauh di bawah 10.000 kali dalam lima tahun, walaupun untuk pemakai PC kelas berat."

Beberapa hambatan lain untuk adopsi SSD massal adalah harga dan kapasitas penyimpanan. Toshiba sedang menyelesaikan masalah kapasitas dengan mengecilkan proses produksi dari 43nm ke 30nm di tahun 2009. Toshiba juga berencana untuk menekan harga produksi dengan memigrasikan produk 3 bit-per-cell menjadi 4 bit-per-cell.

Di masa depan, harga SSD akan dihargai 3,2 kali lebih mahal dibandingkan hard drive 2,5 inci, sekitar setengah dari harga saat ini, menurut Toshiba.

Klik di sini untuk sumber berita.

Tidak ada komentar: