Kamis, 17 Juli 2008

RAM 4GB Dijadikan Standar Laptop di Tahun 2008

RAM 4GB Dijadikan Standar Laptop di Tahun 2008

Beberapa perusahaan produsen laptop utama seperti Dell, Hewlett Packard (HP) dan Toshiba merencanakan untuk mengeluarkan laptop - laptop dengan memori 4GB mulai kuartal pertama 2008. Menurut para produsen DRAM, hal ini akan membawa dampak positif untuk pasar DRAM.

Spesifikasi umum untuk laptop di pasaran saat ini adalah 1GB.

Harga jual untuk modul - modul DRAM 1GB telah turun hingga $16 di akhir bulan Desember sedangkan harga untuk modul 2GB diduga akan turun lebih rendah dari $60 di kuartal pertama 2008. Berdasarkan skenario ini, harga yang dipakai untuk RAM sebesar 4GB hanya mengkontribusikan kurang dari 6% dari laptop yang dijual dengan harga $1000. Hal ini jauh lebih rendah dibandingkan dari sebelumnya yang biasanya menggunakan 10% harga penjualan laptop untuk DRAM.

Dengan harga modul DRAM 2GB yang serendah ini, kebanyakan vendor tidak akan keberatan mengadopsi spesifikasi ini.

Sebuah latop 4GB akan membutuhkan 32 DRAM chip yang masing - masing berkapasitas 1Gb dibandingkan delapan chip untuk laptop 1GB. Dengan permintaan yang datang saat diluncurkannya laptop - laptop baru ini, pasar DRAM kemungkinan tidak akan melihat kelebihan suplai yang berlebihan di 2008 seperti halnya di 2007.

Klik di sini untuk sumber artikel.

Tidak ada komentar: