Kamis, 17 Juli 2008

Gigabyte Rilis PC Tablet 9" dengan 3G

Beberapa hari lalu, Gigabyte mengumumkan sebuah netbook baru untuk bersaing dengan Mini-Note milik HP, Asus Eee, seri Cloudbook dari Everex dan netbook lainnya. Walau begitu, produk baru Gigabyte ini sebenarnya merupakan sebuah PC tablet. Produk dengan kode "M912V" ini menghadirkan layar sentuh 8,9" dengan resolusi 1280x768 yang bisa diputar dan diletakkan di atas keyboard. M912V juga merupakan yang pertama dari jenisnya yang menggunakan prosesor Atom milik Intel yang baru. Harganya diperkirakan sekitar US$700 dan akan tersedia sekitar akhir bulan ini.

Gigabyte M912VProduk baru ini hampir identik dengan Mini-Note milik HP, kecuali untuk layar sentuh dan prosesor atom. Keduanya menghadirkan layar berukuran 8,9" dengan resolusi 1280x768, keyboard berukuran besar, hard disk (HD) laptop 2,5", RAM DDR2 dan Windows Vista. M912V akan memiliki kapasitas HD sebesar 160GB dengan opsi lain, seperti SSD. Kelebihan lainnya adalah pilihan konektivitas baru. M912V memiliki port standar seperti modem, NIC, audio, VGA, dan 3 port USB. Selain itu, ia juga memiliki selongsong ExpressCard untuk ekspansi dan dukungan tambahan untuk HSDPA, yang memungkinkan adanya fitur 3G mobile broadband.

Aksesoris lainnya adalah webcam 1,3 Megapixel, namun tanpa card reader. Prosesornya bekerja pada kecepatan 1,6GHz dan melebihi kinerja VIA C7-M pada Cloudbook dan Mini-Note.

Walaupun begitu, VIA memang telah mempersiapkan prosesor Isaiah untuk menggantikan C7 dan berpotensi melebihi Atom. Namun, Atom tetap memiliki keunggulah dalam hal penghematan tenaga, sehingga bisa memperpanjang waktu pakai M912V. Diperkirakan baterai M912V bisa bertahan sampai 3,5 jam dengan baterai Ion Lithium 4500mAh.

Tentu saja dengan spesifikasi di atas, M912V memiliki biaya, ukuran, dan berat yang lebih. M912V berharga US$700, setingkat dengan Mini-Note atau hampir dua kali lipat Eee dan Cloudbook. Beratnya diperkirakan hampir 1,5kg dan gagal dalam uji coba tas PC tablet ukuran standar. Memang, untuk saat ini belum diketahui seberapa efektif fitur layar sentuh dari produk ini, tapi melihat adanya rencana dari Everex untuk menambahkan layar sentuh pada CloudBook, dipastikan persaingan layar sentuh akan semakin memanas di masa depan.

Gigabyte M912V


Untuk sumber artikel, silakan klik di sini.

Tidak ada komentar: