Kamis, 17 Juli 2008

Spesies Baru dari HP

Spesies Baru dari HP

HP mengumumkan hari ini bahwa mereka akan memasuki pasar laptop untuk anak-anak dengan harga dibawah $500.

HP yang merupakan penjual PC terbesar di seluruh dunia mengatakan bahwa mereka mencoba untuk menghadirkan diri di pasar sekolah Amerika. Kompetitor utamanya adalah Intel yang membuat "Classmate PC" berbiaya rendah.

"Mini-Note" dari HP dilaporkan memiliki bobot tidak lebih dari 3 pon dan memiliki tampilan sekitar 9 inci. Model dasar akan hadir dengan prosesor 1.0GHz VIA C7-M, 512MB RAM dan 4GB SSD dengan operating system Novell Suse Linux dibanderol kisaran harga $499. Namun mereka tidak mengikutkan CD atau DVD drive kecuali diminta secara spesifik. HP mengatakan bahwa hal ini dilakukan untuk menghindari anak-anak bermain game selama pelajaran.

Mini-Note memiliki satu keunggulan pada salah satu seri mini laptop ini.Yaitu dukungan terhadap Slot Hard Drive 2,5", jadi pengguna mini laptop ini tidak akan dibingungkan masalah penyimpanan atau dalam hal upgrade kapasitas penyimpanannya.

Tidak sampai di situ seri HP ini. Ada lagi seri yang lainnya yang terbenam prosesor 1.6GHz VIA, 2GB RAM, 5400 RPM 120GB HDD, Bluetooth, webcam, dan Windows Vista Business. Semua laptop mini ini dilengkapi dengan port USB 2.0 , SDHC slot, an ExpressCard/54 slot, VGA port dan GbE. HP juga menyediakan 7200 RPM 120GB dan 160GB HDD hadir sebagai pilihannya.

Image Hosted by ImageShack.us

Salah satu kejutan HP adalah pilihan mereka akan prosesor yaitu VIA dan bukan AMD atau Intel. VIA saat ini berada di urutan ke tiga dalam industri microprosesor.

Intel mengatakan bahwa mereka telah menjual "puluhan ribu" Classmate PC sejak diluncurkan satu tahun yang lalu. Grup OLPC telah menjual ratusan ribu laptop XO berharga murah. HP berharap mereka dapat menjadi pemimpin pasar yang dominan untuk segmen ini.

(Di-update pada pukul 09:02 dengan informasi tambahan dari agungbbs).

Klik di sini untuk sumber artikel.

Tidak ada komentar: