Jumat, 18 Juli 2008

HTC Shift

Jika selama ini Anda menemui laptop mungil macam Asus Eee, Fujitsu seri U, atau Kohjinsha, maka pabrikan HTC mencoba tampil beda dengan mengetengahkan besutan terbarunya, HTC Shift. UMPC ini hadir dengan keyboard geser yang mirip Sony VAIO UX, Dopod U1000, atau OQO. Mungkin orang akan menyangka HTC meniru desain tersebut, padahal keyboard geser macam ini justru berasal dari pabrikan HTC dan Dopod.

Dibandingkan dengan notebook, penampilan HTC Shift boleh dibilang lebih mirip dengan PDA phone dalam dimensi yang lebih besar. Layar 7” yang dapat digeser ini dapat pula dinaikkan posisinya untuk menambah kenyamanan saat mengetik. Di bagian pinggir layar disematkan beberapa panel input seperti touchpad mini, tombol klik mouse, dan sebuah sensor sidik jari untuk otentikasi pengguna. Selain input dari tombol dan keyboard, layar ternyata juga bersifat touchscreen sehingga membuat gadget ini bisa dipakai layaknya sebuah tablet PC.

Kelebihan unik dari HTC Shift muncul dari ketersediaan akses GSM 3G HSDPA untuk mengakses Internet. Anda yang menggunakan layanan 3G dari operator GSM akan merasakan manfaatnya, tetapi akses komunikasi yang berlaku di gadget ini hanya data alias tak bisa melayani percakapan seluler. Slot untuk kartu SIM tersembunyi di balik kompartemen batere, mirip dengan notebook Asus U6S dan Fujitsu P8010. Dengan demikian, Shift menawarkan keleluasaan koneksi Internet melalui jaringan seluler 3G maupun WiFi.

Sebagai pemroses utama, HTC Shift mengandalkan prosesor Intel tegangan rendah 800MHz untuk menjalankan sistem Windows Vista Business. Kendati demikian, kami merasa sistem operasi Windows XP lebih ideal untuk UMPC berkecepatan rendah. Selain Intel, ternyata masih ada sebuah prosesor Qualcomm 400MHz lagi di dalam Shift untuk menajalankan sistem yang disebut SnapVUE, sebuah displai informasi cepat untuk menangani e-mail, SMS, kalender, atau catatan jadwal kerja. Snap VUE dapat diaktifkan dengan cepat (tanpa lewat Vista) melalui tombol shortcut di kiri bawah layar. Bagusnya, pada mode SnapVUE ini Anda dapat memanfaatkan koneksi 3G dan Wifi di Vista secara

bersamaan.

***

Untuk penggunaan mobile sehari-hari HTC Shift masih menyenangkan meski daya tahan batere yang cuma 2700mAh (1 jam 35 menit) tergolong cepat habis. Prosesor 800MHz tidak terlalu pantas dengan Vista meski memori yang disertakan sudah 1GB. Kami sarankan jangan menjalankan lebih dari 3 aplikasi secara bersamaan yang dapat mengakibatkan lambatnya proses komputasi. Bagaimana pun HTC Shift sangat menyenangkan bagi pengguna mobile berkat akses yang nyaman dengan keyboard bertombol besar, pilihan akses Internet ganda (3G dan Wi-Fi), displai instan SnapVUE, dan feature lainnya yang memudahkan pengguna bekerja dimana saja. (Deny Prasetyo)

Plus : Desain menarik; navigasi fleksibel; koneksi 3G dan Wi-Fi; displai SnapVUE yang praktis.

Minus: Kinerja agak lamban; akses SnapVUE harus dengan kartu SIM; dilengkapi drive optik; mahal.

Skor Penilaian

-Kinerja : 4,2

-Fasilitas : 4,2

-Kemudahan : 4,2

-Harga : 2,5

Skor Total : 3,86

Hasil Uji

Mungkin kurang pas membandingkan HTC Shift dengan UMPC Zyrex Ubud yang pernah kami coba, namun keduanya mengusung spesifikasi dan sistem yang mirip kecuali prosesor (Ubud memakai VIA 1,2GHz). Dari perbandingan jelas terlihat kinerja HTC Shift lebih gegas kecuali batere berdaya rendah yang lebih cepat habis.

Pengujian

Zyrex Ubud 311

HTC Shift

CineBench

46 menit 7 detik

31 menit 33 detik

Encoding video

2 jam 21 menit 42 detik

1 jam 44 menit 25 detik

Encoding audio

15 menit 40 detik

11 menit 51 detik

Daya tahan batere

Memutar HD Video

2 jam 17 menit

1 jam 35 menit

Spesifikasi: HTC SHIFT

Prosesor

Intel A110 ULV 800MHz & Qualcomm 400MHz

RAM

SO-DIMM DDR2 1GB

Chipset

Intel 945GMS

Kartu Grafis

Intel 945/GU 256MB

Kartu suara

Realtek ALC268

Harddisk

PATA, Toshiba 40GB

Optical drive

Tidak ada

Fasilitas

WiFi b/g, Bluetooth 2.0, USB (1 buah), touchscreen, mic+earphone, VGA-out, Webcam, fingerprint, SD card reader, slot kartu SIM.

Layar

7 inci, resolusi 1024x600 pixel (WSVGA)

Sistem Operasi

Windows Vista Business Edition

Batere

2700mAh (3 cell)

Dimensi

20,6x12,9x2,9 cm

Bobot

800 gram (dengan batere)

Garansi

1 tahun

Situs Web

www.htc.com

Harga kisaran*

US$ 1.600

Sistech Kharisma, (021) 350-5668

Minggu pertama April 2008

Tidak ada komentar: