Jumat, 18 Juli 2008

Asus F9S

Notebook kecil=kinerja pas-pasan? Tidak juga, karena Asus F9S berhasil menunjukkan kinerja dan fasilitas yang dapat diandalkan.

Pemindai sidik jari ditempatkan jauh di sisi kanan bawah, meminimalisir kemungkinan tersenggol tanpa sengaja.

Notebook kelas 12,1 inci selama ini identik dengan kinerja dan fasilitas yang terbatas. Ini tidak lepas dari ukurannya yang kecil (sehingga agak sulit ditambahkan beragam fasilitas) serta peruntukannya yang menyasar pengguna yang sering bepergian (yang nota bene tidak memerlukan notebook yang komplit).

Namun citra itu sedikit terpatahkan dengan kehadiran Asus F9S. Sebagai sebuah notebook kelas 12,1 inci, fasilitas dan kinerja notebook ini tak kalah dengan notebook kelas atas. Yang paling utama adalah penggunaan kartu grafis mandiri, nVidia GeForce 8400GM. Kartu grafis ini memang termasuk kelas low-end, namun setidaknya memiliki performa yang lebih bagus dari kartu grafis onboard yang digunakan mayoritas notebook kelas 12,1 inci maupun 14-15 inci. Di sisi kiri, Anda juga akan menemukan port HDMI (High Definition Multimedia Interface) yang juga biasanya tersedia di notebook kelas multimedia. HDMI ini sendiri berfungsi menghubungkan notebook ke perangkat TV atau proyektor untuk mengantarkan film definisi tinggi.

Kinerja notebook ini juga dapat diandalkan berkat penggunaan prosesor Intel Core 2 Duo T7500 (2,2GHz) dengan memori 2GB. Perpaduan ini dengan mudah menyelesaikan semua pengujian yang kami lakukan, bahkan dengan catatan waktu yang istimewa di antara semua notebook yang pernah kami uji. Dalam penggunaan sehari-hari, notebook ini juga jarang tersendat saat menjalankan sistem operasi Windows Vista Home Premium. Perlu dicatat kalau spesifikasi unit yang kami terima sedikit di atas standar (Asus F9S standar menggunakan Intel T7300 dan memori 1GB), namun pengujian yang lakukan setidaknya menunjukkan kemampuan besar yang ditawarkan notebook ini.

Bicara penggunaan, notebook ini berhasil membuat kami merasa nyaman ketika menggunakannya. Papan keyboardnya terasa nyaman saat diketik, juga tidak terasa panas meskipun digunakan dalam jangka waktu yang lama. Detail yang kecil namun penting telah dipikirkan Asus, seperti lampu indikator yang menyala saat mode WiFi aktif, serta indikator di layar yang menunjukkan tingkat volume, brightness, dan parameter lainnya. Pemindai sidik jari yang ditempatkan jauh di sisi kanan bawah juga meminimalisir kemungkinan tak sengaja tersentuh tangan.

---
Perlu diingat bahwa unit yang kami uji ini memiliki prosesor, memori, dan harddisk yang lebih tinggi dibanding Asus F9S versi standar (yang dibandrol dengan harga US$ 1499). Jadi silakan konsultasi dengan distributor Asus untuk mengetahui harga F9S dengan spesifikasi secanggih ini. Namun kartu grafis, port HDMI, dan pemindai sidik jari tetap ada di versi standarnya, jadi Asus F9S tetap bisa dibilang notebook ringan dengan kemampuan besar.

Plus: Dilengkapi kartu grafis mandiri, HDMI, dan dua batere; keyboard nyaman
Minus: Agak berat

Skor Penilaian:
Kinerja: 4,5
Fasilitas: 4,1
Penggunaan: 4,1
Harga: -
Skor total: -

Hasil Pengujian
Penggunaan prosesor dan memori kelas atas membuat kinerja Asus F9S dengan mudah mengalahkan notebook sekelas. Namun perlu dicatat unit yang kami uji memiliki prosesor dan memori di atas F9S versi standar.

Pengujian

Asus F9S

Acer Travelmate 6292

Multitasking Office 2007

57 detik

1 menit 6 detik

Membuat film

1 menit 54 detik

2 menit 5 detik

Encoding video

17 menit 39 detik

27 menit 15 detik

Encoding audio

2 menit 52 detik

3 menit 6 detik

Daya tahan batere

Memutar HD Video

2 jam 24 detik

1 jam 30 menit

Battery Eater

2 jam 16 detik

1 jam 2 menit

Spesifikasi Asus F9S

Prosesor

Intel Core 2 Duo T7500 (2,2 GHz, 4MB cache, FSB 800Mhz)

RAM

2GB, DDR2

Chipset

Intel GM965

Kartu Grafis

nVidia GeForce 8400M G

Harddisk

160 GB

Optical drive

DVD±R DL

Fasilitas

WiFi, Bluetooth, card reader, USB (3 buah), FireWire, kamera 1,3 MP, Express Card, HDMI, pemindai sidik jari

Layar

12,1 inch, resolusi 1280x800 pixel

Kartu suara

Realtek ALC660, HD-Audio

Sistem Operasi

Windows Vista Premium

Batere

7800/2400 mAh

Dimensi

31x27,3x(3,9-4) cm

Bobot

2,02 kg

Garansi

1 tahun

Situs Web

id.asus.com

Harga kisaran*

Mulai US$ 1499

*

Tidak ada komentar: