Kamis, 17 Juli 2008

Chip IBM Tercepat di Muka Bumi

IBM Corp. mulai mengirimkan komputer high-end hari Selasa lalu dengan menggunakan chip tercepat di muka bumi, sebuah microprocessor yang dapat mengantarkan 5 juta instruksi per detik, melebihi prosesor yang dibuat oleh Intel dan Sun Microsystem.

Prosesor IBM baru ini, yang dinamai Power6, didesain untuk menjalankan sesuatu yang besar dan untuk menghadapi masalah ilmiah. Versi yang lebih lambat dari chip ini pernah digunakan pada Nintendo Wii, Microsoft Xbox, dan Sony Playstation.

Menambahkan kecepatan merupakan satu - satunya cara untuk meningkatkan kinerja sistem, kata pakar chip dari Intel dan Sun.

Jika stopwatch yang digunakan untuk menentukan sistem urutan, maka 5 juta instruksi per detik milik Power6 dari IBM akan mengalahkan rival mereka 3.73 gigahertz Pentium Extreme dan 2.4 gigahertz UltraSparc T2 dari Sun.

"Sulit menjelaskan orang awam mengenai betapa cepatnya chip ini," kata IBM Chief Technology Officer Bernard Meyerson.

Mengapa Intel dan Sun tidak mencoba menambahkan kecepatan? Sama halnya dengan mobil, semakin cepat chip bekerja, semakin panas jadinya, IBM menciptakan sistem pendingin dengan menggunakan air seperti yang digunakan oleh air radiator untuk menjaga prosesor dari kinerja yang berlebih.

Juru bicara Intel George Alfs mengatakan bahwa perusahaannya menjual jutaan prosesor untuk barang-barang seperti laptop, ia mengatakan bahwa tidak ada alasan teknis mengapa chip Intel tidak dapat bekerja lebih cepat.

Malahan, para gamer membeli pendingin air yang dapat muat pada desktop PC mereka, lalu menggunakan trik perangkat lunak didalam operating system Windows mereka untuk mendongkrak kecepatan menjadi 5 gigahertz.

"Namun anda dapat merusak garansi," kata Alfs.

Klik di sini untuk sumber artikel.

Tidak ada komentar: